»

Mar 01

CARA KERJA COOLER:


 

cooler adalah kotak untuk menjaga sesuatu (umumnya makanan atau minuman) agar tetap dingin. Umumnya terbuat dari bahan dengan tingkat insulasi tinggi, dengan kata lain, mencegah panas dari luar masuk ke dalam sehingga benda di dalam tetap terjaga suhunya dalam waktu yang lama. Prinsip kerjanya ada pada prinsip pindah panas (konduksi, konveksi, dan radiasi), dan material pembuatannya haris mencegah masuknya panas dengan ketiga cara tersebut.
Misal, untuk mencegah konduksi, digunakan bahan yang tidak memiliki konduktivitas termal (kuat rambat panas) yang tinggi, misalnya styrofoam. Sama seperti prinsip termos.

Namun jika yang dimaksud adalah mesin pendingin, maka prinsip kerjanya adalah dengan menggunakan siklus Carnot (dibaca karno, karena dia orang Prancis) yang dibalik. Siklus Carnot, seperti yang kamu tahu, adalah prinsip termodinamika yang mengubah panas menjadi kerja. Siklus Carnot yang dibalik, yaitu menggunakan kerja untuk memindahkan panas. Seperti yang kamu ketahui, hukum termodinamika menyatakan bahwa panas tidak dapat berpindah secara spontan dari wilayah bertemperatur rendah ke wilayah temperatur tinggi. Secara spontan dapat terjadi sebaliknya, dari temperatur tinggi ke temperatur rendah. Tidak bisa dilakukan secara spontan, berarti dibutuhkan sesuatu untuk memindahkan panas dari wilayah bertemperatur rendah ke temperatur tinggi, sehingga wilayah bertemperatur rendah tersebut akan semakin rendah (atau setidaknya tetap rendah) temperaturnya dan wilayah bertemperatur panas akan semakin panas (atau setidaknya tetap panas) temperaturnya.

Secara umum, prinsip siklus termodinamika biasa yaitu menggunakan panas untuk diubah menjadi kerja, dan akan ada panas yang terbuang ke reservoir. Secara teori, tidak mungkin mengubah seluruh panas yang ada untuk diubah menjadi kerja. Jadi, jika dituliskan dalam notasi matematika adalah total kerja = panas yang masuk – panas yang keluar.

Pada siklus Carnot terbalik, kerja digunakan untuk memindahkan panas. Dan kerja yang diberikan pada akhirnya juga akan menjadi panas, namun dibuang ke wilayah bertemperatur tinggi, bukan ke wilayah bertemperatur rendah di mana panas akan dipindahkan dari wilayah tersebut. Jadi, total panas yang dibuang = kerja + panas yang dipindahkan.

 

Chiller Service

cara kerja air cooler, cara kerja mesin chiller, cara kerja cooler, cara kerja chiler, cara kerja chiller industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>