«

»

Nov 07

Evaporative Condenser dalam Chiller

Evaporative Condenser dalam Chiller

Evaporative Condenser pada hakekatnya merupakan kombinasi dari water Tower dan water-cooled condenser, di mana coil condesernya diletakkan berdekatan dengan media pendinginannya yang berupa udara tekan (forced draft) dan air yang disemprokan (water spray) melalui suatu lubang nozzle.

Pada condenser jenis ini, panas yang dikandung gas refrigeran dibuang ke udara dan air yang berperan sebagai media pendinginnya. Tingkat keefektifan evaporative condenser tergantung pada suhu wet bulb dari udara yang masuk ke dalam unitnya, di mana suhu wet bulb tersebut ditentukan oleh suhu water spray-nya. Condensing unit dengan jenis ini biasanya digunakan untuk sistem yang berkapsitas di atas : 100 ton refrigerasi.

Dalam operasinya, pompa akan mensirkulasi air pendingin dari water pan menuju ke coil condenser melalui spray nozzle. Dalam hal ini diperlukan suplai air tambahan untuk mencegah kotoran/lumpur masuk dan menempel pada permukaan coil condensernya dan disamping itu juga digunakan untuk mengurangi efek keasaman air pendinginnya.

Centrifugal fan akan menghisap panas yang dikandung udara dan air. Udara ditarik dari bagian bawah (dasar) menuju ke atas melalui rankaian pipa refrigeran (condenser), eliminator dan fan. Pipa refrigerannya tidak dilengkapi dengan fin (non finned tube) agar tidak terjadi penimbunan kotoran dan debu pada pipanya yang dapat mengganggu aliran udaranya. Condenser ini dapat diletakkan di luar (out door) ataupun di dalam in door).
Bila diletakkan di dalam harus dilengkapi dengan sistem ventilasi yang baik dengan menggunakan duct untuk membuang udara panas di mana tingkat humiditas relatifnya telah meningkat secara tajam ke luar ruangan. Tekanan air yang disirkulasikan oleh suatu pompa biasanya sebesar 15 psi sedang kecepatan udara yang melewati coil sebesar 600 fpm. Sebagian kecil airnya akan menguap karena proses transfer panas. Air yang tidak menguap akan memperoleh pendinginan karena panasnya ditarik oleh fan yang memproduksi adiabatic cooling terhadap air tersebut sehingga suhu air dapat diturunkan hingga mencapai titik tertentu.

Gas panas refrigeran mengalir masuk ke condenser melalui manifold gauge, selanjutnya gas panas tersebut akan berubah wujud menjadi liquid refrigeran dan akan ditampung di receiver.

 

Evaporative Condenser

Chiller Service

evaporative condenser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>