«

»

Jul 06

Kelistrikan

Alat-alat listrik yang biasa digunakan pada system refrigerasi adalah sebagai berikut

  1. Thermostat (temperature control)

  2. Pengatur suhu (Temperature control)

berguna untuk mengatur bats-batas suhu di dalam ruangan, mengatur lamanya kompresor berhenti dan menghentikan atau menjalankan kembali kompresor secara otomatis.

    1. Overload motorĀ  protector

    Overload motor protector terbuat dari bimetal dan heater. Bekerjanya dipengaruhi oleh ampere yang terlalu besar dan panas dari motor atau kompresor. Bimetal ini dihubungkan oleh kontak-kontak yang dapat membuka kontaknya apabila ampere yang lewat terlalu besar atau menerima panas dari motor atau kompresor yang terlalu tinggi. Setalah lewat beberapa menit motor dan kompresor menjadi dingin dan kontak-kontak dapat berhubungan kembali.

    1. Start Capacitor

    Start capacitor direncanakan untuk dipakai dalam waktu yang singkat, paling lama 3 detik dan tidak berulang-ulang. Start capasitor yang dialiri listrik sampai beberapa detik dapat menyebabkan kerusakan pada capasitor tersebut.

    1. Run capacitor
    2. Starting relay

    Suatu switch yang bekerja otomatis, berdasarkan magnit yang dibangkitkan untuk menghubungkan dan melepas hubungan listrik dari start capasitor atau lilitan pembantu, setelah motor mencpai putaran penuh.

Chiller Service

komponen kelistrikan cold storage, kelistrikan chiller

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>