«

»

Jun 17

Penggunaan Water Chiller sebagai Solusi Mengatasi Setting Suhu Tinggi Ruangan Anda

Penggunaan Water Chiller

Mungkin Anda sering mendengar kata Chiller, dan Anda bertanya-tanya apa itu Chiller dan apa fungsinya? Kami memberikan sedikit penjelasan tentang Chiller dengan harapan Anda mengerti tentang beberapa jenis chiller beserta fungsinya.

 

Chiller adalah suatu sistem pendingin yang digunakan untuk penyerap panas dari suatu zat atau produk sehingga temperaturnya berada dibawah temperatur lingkungan. zat yang digunakan sebagai fluida kerja dalam proses penyerapan panas disebut refrigran.

 Penggunaan Water Chiller

Artikel Water Chiller, Jenis-jenis chiller

Chiller terdiri dari beberapa jenis. Jenis chiller didasarkan pada jenis kompressornya, meliputi :
a. Reciprocating
b. Screw
c. Centrifugal

Jenis chiller didasarkan pada jenis cara pendinginan kondensornya :
a. Air Cooler
b. Water Cooler

Pada unit pendingin atau chiller yang menganut sistem kompresi uap, komponennya terdiri dari kompresor, kondensor, alat ekspansi dan evaporator.

Compresor adalah alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan fluida mampu mampat, yaitu gas atau udara. tujuan meningkatkan tekanan dapat untuk mengalirkan atau kebutuhan proses dalam suatu system proses yang lebih besar (dapat system fisika maupun kimia contohnya pada pabrik-pabrik kimia untuk kebutuhan reaksi). Kondensor adalah salah satu jenis mesin penukar kalor (heat exchanger) yang berfungsi untuk mengkondensasikan fluida kerja. Sedangkan evaporator, adalah kebalikan dari condenser, kalau condenser berfungsi sebagai penampung panas dari freon yg dipompa oleh compressor dan membuang panasnya dengan sebuah fan motor. evaporator berfungsi sebagai penampung dingin dari freon yg sudah berubah wujud menjadi cair setelah melewati pipa kapiler.

Pada Chiller biasanya tipe kondensornya adalah water-cooled condenser. Air untuk mendinginkan kondensor dialirkan melalui pipa yang kemudian outputnya didinginkan kembali secara evaporative cooling pada cooling tower.

 

Artikel Water Chiller, APA SAJA KOMPONEN-KOMPONEN DARI CHILLER?

Kalau namanya chiller berarti menggunakan AIR sebagai media yang didinginkan oleh Refrigerant.

Jadi komponennya :
Selain yang sudah anda sebutkan, yang membuat perbedaan dengan sistem pendingin selain Chiller adalah Evap yang direndam/dilalukan air yang disirkulasi dengan POMPA AIR, dimana air yang dingin ini (chilled water) lah yang akan dipakai sebagai media pendingin.
Kalau untuk mendinginkan ruang, maka digunakan AHU (Air Handling Unit).
Kalau untuk mendinginkan cairan lain, maka digunakan PIPA COIL.
Jadi selain komponen2 tsb, wajib ada AIR yang HARUS dijaga ketersediaannya (tidak boleh kosong / kurang), jadi perlu bak untuk make up water, Pompa Sirkulasi Air, FLOW SWITCH, Temperatur Control pada AIR.
Siklus kerjanya :
Kalau sudah mengenal sistem pendingin umum, siklus kerja Chiller sama saja dengan sistem pendingin lainnya.
Yang membedakan hanyalah penggunaan Evap yang direndam air.
NB: Untuk Condenser, ada 2(dua) jenis.
Jenis direct cooling, yaitu pipa condensor langsung didinginkan dengan kipas (fan) seperti yang anda sebutkan.
Jenis indirect cooling, yaitu pipa condensor direndam air yang disirkulasi ke & dari cooling tower (tergantung kapasitas).

 

Artikel Water Chiller, Solusi water chiller anda:

Apakah anda mencari Water Chiller murah dan berkualitas? Kami menerima pembuatan (perakitan) Water Chiller sesuai dengan kebutuhan dari konsumen. Kami juga melayani modifikasi dan perbaikan apabila terjadi kerusakan pada Water Chiller anda, baik buatan kami atau bukan. Tentu saja dengan harga yang terjangkau dan sesuai kebutuhan anda. Kami juga memberikan konsultan terhadap segala permasalahan chiller anda.

 

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di workshop kami: Komp. Pertokoan Persada Oto Blok E10-E14, Jl. Kiansantang No. 99 Jatiuwung Tangerang, Banten – Indonesia

Telp : (021) 552 74 83

Fax : (021) 557 99 226

 

Contact Person :

Ali Muchtar : 0856 128 3600

Chilman Firdous : 0812 28967 003

Fauz i: 0813 8079 0070

Arif Budi S : 0818 1249 70

 

Demikian artikel kami tentang water chiller semoga sedikit ulasan kami menambah pemahaman dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Chiller Service

fungsi kondensor pada chiller, jenis chiller, cara setting chiller, penjelasan tentang chiller, fungsi ruang chiller