Besok gerhana bulan total bisa disaksikan secara langsung, berikut area terdampaknya

Besok akan terjadi gerhana bulan total, fenomena ini bisa disaksikan langsung oleh para penghuni bumi. Tapi di area mana itu akan muncul?

Pusat Sains Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan dalam keterangan resminya, gerhana bulan total akan terjadi besok, 15-16 Mei 2022.
BACA JUGA: Temuan Baru, Astronot Ungkap Mars Awalnya Berisi Air, Lalu Kering

“Gerhana bulan total merupakan fenomena astronomi dimana Bulan, Bumi dan Matahari berada dalam satu garis lurus dimana Bulan sepenuhnya memasuki umbra Bumi,” tulis BRIN, dikutip Sabtu (14/5/2022).

Dengan demikian, tidak ada sinar matahari yang dapat dipantulkan ke permukaan bumi. Gerhana bulan total cenderung berwarna kemerahan karena pembiasan Rayleigh, pembiasan selektif sinar matahari oleh atmosfer bumi.
BACA JUGA: Ilmuwan Nyatakan Ketika Kecerdasan Manusia Menjadi Sempurna Itu Jawabannya Dalam Al-Qur’an

“Bila bulan berada di sisi bumi yang berlawanan yang mengalami siang, sinar matahari menempuh jarak yang lebih jauh dari sisi bumi yang mengalami malam,” kata BRIN.

Akibatnya, sinar matahari yang mencapai bulan dibiaskan ke panjang gelombang yang lebih panjang dalam spektrum cahaya dan muncul dalam spektrum merah.

Sumber :