Cara mengambil screenshot di laptop dengan mudah dan nyaman

Sebagai aturan, untuk memudahkan penyimpanan informasi penting dari Internet, kami sering mengambil tangkapan layar atau screenshot. Screenshot biasanya diambil di smartphone atau laptop. Namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengambil screenshot layar laptop. Atau Anda sudah tahu cara scan layar laptop, namun hanya dengan menekan tombol Print Screen.

Padahal, cara screenshot tidak hanya dengan menekan tombol “Print”. Ada beberapa cara untuk memindai layar laptop. Mulai dari penggunaan tombol keyboard dan aplikasi bawaan laptop, hingga penggunaan aplikasi tambahan.

  1. Tangkapan layar yang menunjukkan tombol Cetak.
    Cuplikan layar menampilkan tombol Print Screen.
    Sumber gambar: Wikimedia Commons

Tentu saja, cara termudah adalah dengan menekan tombol cetak pada keyboard. Tombol tekan ditulis dengan PrtSc. Tombol Cetak terletak di sudut kanan atas keyboard. Tangkapan layar tidak disimpan langsung ke laptop tetapi masih di clipboard sehingga Anda harus menyimpannya terlebih dahulu. Anda dapat membuka Paint lalu tekan Ctrl + V untuk memunculkan gambar dan kemudian cukup tekan Ctrl + S untuk menyimpan tangkapan layar. Anda dapat memilih untuk menyimpan di folder yang Anda inginkan.

  1. Tangkapan layar dengan tombol Windows + Layar cetak
    Tangkapan layar dengan tombol cetak Windows
    Sumber gambar: Flickr

Di beberapa laptop, ada kasus di mana Anda tidak dapat mengambil tangkapan layar hanya dengan menekan tombol “Cetak”. Jadi harus diakali dengan menekan tombol Windows. Caranya sangat sederhana, Anda tinggal menekan tombol Windows + print screen secara bersamaan. Tangkapan layar Anda akan segera menjadi papan klip. Setelah itu, Anda dapat membuka aplikasi editor foto atau cat dan hanya perlu menempelkan hasil tangkapan layar Anda. Kemudian Anda dapat mengedit screenshot Anda sesuka Anda atau menyimpannya langsung ke folder laptop Anda.

  1. Tangkapan layar dengan Snipping Tool
    alat pemotong
    Sumber gambar: Microsoft.com

Alat ini telah ada sejak munculnya Windows Vista. Snipping Tool dapat memudahkan Anda untuk mengambil screenshot layar laptop Anda dengan banyak sudut. Seperti mode layar penuh, bagian layar yang Anda inginkan, dan juga jendela yang sedang terbuka. Jadi Anda tidak kesulitan untuk mengambil screenshot layar laptop yang diinginkan.

Pengoperasian snipping tool juga cukup sederhana. Anda cukup membuka halaman layar yang ingin Anda pindai lalu tekan tombol Windows. Anda dapat mengetikkan kata Snipping Tool dan ketika muncul, klik saja dan pilih New. Kemudian Anda dapat memilih opsi bagian layar yang ingin Anda pindai. Mulai dari full screen, rectangle, window dan free form.

  1. Tangkapan layar dengan tombol Alt + Layar cetak
    Tangkapan layar dengan tombol undian Alt Print Screen
    Sumber gambar: Wikimedia Commons

Cara mudah lainnya untuk mengambil tangkapan layar adalah dengan menggunakan tombol Alt + Print Screen. Ini sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu membuka layar sesuai dengan apa yang ingin Anda pindai. Kemudian tekan saja Alt + Print Screen secara bersamaan. Layar yang Anda buka akan otomatis mengambil tangkapan layar.

Selanjutnya kamu bisa membuka aplikasi Paint dan tinggal tekan Ctrl+V untuk melihat hasil screenshotnya. Kemudian Anda dapat menyimpan tangkapan layar Anda di folder yang diinginkan dengan menekan Ctrl + S atau dengan mengklik Simpan di bilah tugas.

Sumber :