Kisah tentang bagaimana teknologi mouse berevolusi untuk menghilangkan kebutuhan akan kabel

Mouse atau dikenal dengan sebutan Mouse diciptakan oleh salah satu tokoh terkemuka dunia dalam bidang teknologi, yaitu William Kirk English yang biasa disebut dengan Bill.

Dia tidak sendirian dalam penemuannya, tetapi dengan Douglas Englebart di Stanford Research Institute, sebuah laboratorium penelitian di California Utara yang sekarang lebih dikenal sebagai SRI Internasional.

Bill bergabung dengan Stanford Research Institute setelah pensiun dari Angkatan Laut pada 1950-an.
BACA JUGA: Cara Hapus Akun Telegram, Simak 9 Langkah Berikut

Sekitar waktu inilah dia bertemu Douglas, yang menjadi dalang di balik pembuatan mouse komputer. Ketika beberapa insinyur memahami konsep Douglas, Bill menjadi orang yang mendapatkannya dan cukup sabar untuk mengimplementasikannya.

Douglas awalnya menganggap mouse sebagai sketsa kasar di notepadnya, yang secara fisik dibuat oleh Bill konsep tersebut pada 1960-an.

Mouse pertama dibuat dalam kotak kayu kecil dan dilengkapi dengan dua mekanisme potensiometer listrik.

Mekanisme ini bertanggung jawab untuk melacak pergerakan dua roda kecil saat bergerak melintasi desktop. Dengan gerakan ini – yang tampaknya mengejar perangkat – akhirnya mendapat nama “Mouse”.

Teknologi semakin maju seiring dengan perkembangan zaman. Contohnya pada perangkat elektronik, perubahan sesuai dengan kemajuan teknologi sangat terlihat.

Komputer adalah perangkat elektronik yang terus berubah. Bentuknya pun beragam mulai dari layar, keyboard dan mouse.

Perubahan bentuk mouse juga sangat menarik. Ada berbagai jenis mouse yang telah dikembangkan selama pengembangan perangkat komputasi.

Sumber :